Kamis, 21 November 2013

tanggung jawab sosial perusahaan terhadap masyarakat

Diposting oleh Unknown di 21.35
setiap perusahaan memiliki tanggung jawab sosial terhadap lingkungan masyarakat dan karyawannya baik itu perusahaan berskala internasional maupun perusahaan industri rumah tangga , perusahaan wajib memiliki pengetahuan dan menjalankan tanggung jawab sosialnya sebagai perusahaan . pada kenytaannya kebanyakan perusahaan yang ada , khususnya di indonesia kurang meperhatikan tanggung jawab sosialnya terhadap lingkungan , karyawan maupun masyarakat yang ada di sekitarnya .

1. tanggung jawab sosial perusahaan terhadap lingkungan masyarakatnya :
    tindakan perusahaan terhadap lingkungannya akan dilihat oleh konsumen dan masyarakat sekitarnya dan dijadikan tolak ukur untuk menentukan apakah perusahaan tersebut perusahaan yang baik atau tidak . bentuk  tanggung jawab sosial yang dapat dilakukan perusahaan terhadap lingkungannya yaitu :
1. Membuang limbah perusahaan dengan metode yang benar dan tidak mencemari lingkungan sekitar
2.Melakukan rehabilitasi terhadap lingkungan yang mungkin secara tidak sengaja rusak akibat kegiatan produksi perusahaan .
salah satu contoh keterlibatan perusahaan terhadap lingkungan yaitu Aqua mengembangkan program “Aqua Peduli ” dengan membeli kemasan yang sudah dipakai oleh masyarakat dan hasilnya disumbangkan untuk kegiatan lingkungan hidup.

2. tanggung jawab sosial perusahaan terhadap karyawannya :
    layaknya sebuah keluarga perusahaan juga harus menjaga keharmonisannya bersama karyawan - karyawanya . pihak perusahaan haruslah memperlakukan karyawannya dengan baik dan sesuai hak mereka . bentuk tanggung jawab sosial yang bisa dilakukan perusahaan untuk karyawannnya yaitu :
1. Memberikan gaji yang sesuai dengan jam kerja yang dihabiskan pegawai
2. Memberikan asuransi kesehatan, serta berbagai macam tunjangan kepada para pegawai.
3. Memberikan kenaikan gaji menyesuaikan dengan laju inflasi di negara tersebut.

   salah satu contoh keterlibatan perusahaan dalam ketenagakerjaan yaitu 
1. Beberapa perusahaan menetapkan kebijakan merekrut tenaga kerja dari daerah lokasi sekitar perusahaan.
2. Beberapa perusahaan secara terjadwal mengadakan kegiatan rekreasi bersama bagi semua karyawannya.
3.  Beberapa perusahaan menyediakan fasilitas penitipan anak bagi karyawati yang mempunyai anak balita.

contoh kasus perusahan yang tidak memikirkan tanggung jawab sosial terhadap lingkungan masyarakat dan karyawannya :
1. PT. Lapindo brantas di sidoarjo yang mengakibatkan lumpur panas di beberapa tempat yang tidak berhenti hingga saat ini
2. PT. Miracle yaitu perusahaan tambang emas yang sudah ditutup lebih dari  2 tahun yang meninggalkan ratusan danau buatan bekas galian akibat kerukan alat berat di daerah kuansing
3. PT. Tamora Agro Lestari (TAL) yang berlokasi di Desa Serosa Kecamatan Hulu Kuantan Kabupaten Kuansing, belum lama ini akibat cucian boyler, ribuan ikan mati di Sungai Tabalui Desa Sungai Pinang, Kuansing. Matinya ribuan ikan itu kata Kepala BLH Kuansing Indra Suandy ketika dikonfirmasi riauterkini belum lama ini mengakui akibat limbah pencucian boyler yang dibuang oleh PT TAL secara serampangan.

  
  

0 komentar:

Posting Komentar

 

Atut Sulistianingrum Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review